Senin, 26 Desember 2016

SEMAKIN AKU TAHU, SEMAKIN AKU TIDAK TAHU


Setelah kuliah pengetahuan semakin banyak setalah belajar filsafat aku menyadari aku menjadi tahu bahwa aku tidak tahu. 

Socrates pernah berkata :

"Makin banyak aku tahu, makin banyak aku tidak tahu. Akhirnya aku tahu bahwa hanya satu yang aku tahu, yaitu bahwa aku tidak tahu apa a- apa!"

apa maksud dengan pernyataan diatas?
Bahwa semakin kita belajar, kita semakin sadar, ternyata, banyak banget ilmu yang tidak kita tahu. Beruntunglah orang yang merasakan hal itu. Mengapa? Karena dengan begitu, kita menjadi pribadi yang rendah hati, tidak sombong, ternyata, ilmu kita hanya sedikit atau mungkin belum pantas disebut ilmu,  karena hanya sedikit banget kan yaa. 
Banyak orang ternyata yang lebih pintar, pandai dari kita. Dengan hal tersebut, akibatnya, kita pengennya tahu. Penasaran dengan sebuah ilmu. Ga pernah puas dengan ilmu yang dimilki. Emang, harus gitu ya, orang yang mencari ilmu itu
Rasa-rasanya, ketika kita belajar, tidak pernah puas untuk mempelajari itu. Kayaknya masih kurang, “Saya belum belajar nih, masih kurang nih”
Ternyata, semakin bodoh kan?
Memang ilmu itu sangat luas, bahkan Allah saja, ilmunya sangat luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar