Kamis, 01 Desember 2016

PENGALAMAN DAN FILSAFAT

PENGALAMAN DAN FILSAFAT

Pengetahuan merupakan segala sesuatu hal yang manusia ketahui, pengetahuan bisa didapatkan dari mana saja ,pengetahuan  tidak hanya di dapat dari belajar di sekolah melainkan pengetahuan bisa di dapat dari pengalaman.
Pengetahuan yang di dapat dari pengalaman termasuk dalam salah satu aliran dalam filsafat yaitu aliran Empirisme.
Empirisme adalah suatu doktrin filsafat yang menekankan peranan pengalaman dalam memperoleh pengetahuan dan mengecilkan peranan akal. Empirisme berpendapat bahwa pengetahuan tentang kebenaran yang sempurna tidak diperoleh melalui akal, melainkan di peroleh atau bersumber dari panca indera manusia, yaitu mata, lidah, telinga, kulit dan hidung.
Bagaimana bentuk dari pengalaman sebagai pengetahuan???






Kita ambil contoh dalam kehidupan sehari-hari
Contoh sederhananya ketika bayi mencoba menggunakan indera pengecapnya. Dia belum mengerti bahwa rasa itu apa, namun dia dapat mengerti bahwa hal itu menyenangkan sehingga dia sudah dapat menerima atau menolak sesuatu yang diberikan pada indera pengecapnya. 
Contoh lainnya
Ketika seseorang ingin mengetahui ketinggian sebuah gunung, dia tidak bisa dengan hanya melihat gunung dari kejauhan, dia harus mendakinya agar dia tahu seberapa tinggi gunung tersebut. Karena ketinggian gunung yang ia lihat belum tentu sama dengan pengalaman mendaki ketinggian gunung tersebut.
Karena untuk mengetahui sesuatu hal yang bisa disebut pengetahuan, kita harus mengalami sesuatu hal terlebih dahulu. Sesuatu hal yang dilakukan dengan indera manusia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar