Zen berasal dari bahasa Jepang yang
artinya meditasi. Ini adalah serapan dari bahasa Sanksekerta Dyanna dan Ch’an
dalam bahasa Cina. Semuanya memiliki arti sama, yakni meditasi. Namun, meditasi
disini tidak berarti duduk berjam-jam, dan tidak melakukan apa-apa. Itu hanya
satu jenis meditasi. Zen sebenarnya berarti memahami jati diri sejati kita.
Banyak orang menyamakan diri mereka dengan nama dan identitas sosial mereka.
Namun, nama bisa diubah. Identitas sosial pun berubah terus. Pekerjaan bisa
berubah. Agama bisa berubah. Apa jati diri kita yang tidak bisa berubah dan
abadi? Zen berusaha mengajak orang melakukan refleksi diri untuk mencari “hal
yang tak berubah” (yang juga disebut sebagai hakekat-Buddha) yang ada di dalam
diri kita. Dasar yang tak berubah ini menjadi sumber bagi kedamaian dan
kejernihan bagi hidup kita, jika kita berhasil menyadarinya. Zen menawarkan
banyak metode untuk mencapai “hal yang tak berubah” ini. Salah satunya adalah
dengan mencerap keadaan disini dan saat ini, yang membawa orang pada kejernihan
batin.
“Menemukan yang tak Berubah”, hmmm.
Apakah Zen itu agama?
Pada hemat saya, Zen bukanlah agama.
Agama selalu melibatkan keberadaan suatu entitas yang disebut sebagai Tuhan.
Entitas ini memberikan prinsip-prinsip moral untuk manusia. Zen tidak ada
hubungan dengan hal-hal semacam ini. Zen adalah jalan untuk sampai pada
kebebasan batin. Caranya adalah dengan menyadari jati diri sejati kita yang ada
sebelum nama dan semua identitas sosial kita. Zen menyebutnya sebagai hakekat
Buddha yang dimiliki segala hal.
Bisa jelaskan sedikit soal hakekat Buddha yang
tak berubah ini?
Segala hal di alam semesta ini
diciptakan dari bahan-bahan yang sama. Dengan kata lain, substansinya sama.
Hanya bentuknya saja yang berbeda. Ada manusia. Ada hewan. Ada planet.
Bentuknya berbeda, namun substansinya sama, karena berasal dari unsur-unsur
yang sama. Fisika dan kimia modern sudah membuktikan hal ini. Zen mengajak
orang untuk menyadari substansi dirinya ini, yang juga berarti substansi dari
alam semesta. Zen mengajak orang untuk sadar, bahwa dia adalah alam semesta,
dan alam semesta adalah dia. Di titik ini, semua ketakutan dan penderitaan
lenyap. Yang ada adalah kejernihan dan kedamaian. Namun, sejatinya, hakekat
Buddha ini tidak memiliki nama. Ia adalah kekosongan yang besar. Namun, ia juga
bukan kekosongan, karena kekosongan hanyalah sekedar kata. Ia sesungguhnya tak
memiliki nama.
Lalu, apa hubungan hakekat Buddha yang
sejatinya tanpa nama ini dengan hilangnya penderitaan manusia? Itu tampaknya
masih belum jelas.
Orang menderita, karena ia mengira
ilusi sebagai kenyataan. Ilusi adalah segala hal yang dibentuk dalam konsep,
seperti harta, nama baik, kekayaan, harga diri, waktu, ruang, tubuh dan
sebagainya. Konsep adalah ilusi, karena ia mudah sekali berubah, dan bahkan
lenyap. Penderitaan lahir, ketika orang mengira semua itu sebagai nyata, dan
lalu menggantungkan hidupnya pada itu semua. Orang yang sudah memahami hakekat
Buddhanya akan sadar, bahwa semua itu ilusi. Ia tidak melekat padanya. Ia hanya
menggunakannya untuk membantu orang lain atau mahluk lain, yang juga adalah
bagian dari dirinya. Ia tidak lagi menderita, ketika tidak punya uang, atau
harga dirinya dilecehkan orang lain. Ia hidup dalam kedamaian dan kejernihan,
serta siap untuk membantu siapapun dan apapun. Ia mengalami apa yang disebut
sebagai kekebalan mental. Apapun yang terjadi di luar tidak akan membuat
dirinya menderita.
Ini ajaran yang menarik dan penting.
Siapa yang merumuskannya?
Zen sebenarnya berpijak pada
Buddhisme. Jadi, yang merumuskan pertama kali adalah Sidharta Gautama, atau
sang Buddha itu sendiri, sekitar 2600 tahun yang lalu. Dalam arti ini, Buddha
adalah orang yang sudah bangun. Ia berhasil melampaui segala bentuk penderitaan
yang dialami manusia. Di dalam perkembangannya, Bodhidharma, seorang biksu dari
India, pergi ke Cina pada abad ke 6 , dan mengajarkan Zen di sana. Ia dikenal
sebagai Patriakh pertama Zen. Ia mengajarkan cara langsung untuk sampai pada
kesadaran akan hakekat Buddha yang ada di dalam diri setiap orang dan segala
hal. Tidak ada teks atau buku suci. Tidak ada ritual. Yang ada hanyalah
berbagai cara untuk menyadari hakekat Buddha di dalam diri, sehingga orang lalu
sampai pada kesadaran akan kesatuan dari segala sesuatu. Di dalam kesadaran
semacam ini, penderitaan menjadi kehilangan maknanya. Orang lalu hidup dengan
kerjenihan dan kedamaian, serta bisa membantu orang ataupun mahluk lainnya,
sesuai dengan kemampuannya.
Di judul ini, anda menulis: Zen dan
Filsafat. Mengapa disebut filsafat? Apa hubungan antara Zen dan filsafat?
Filsafat adalah cinta akan
kebijaksanaan. Para filsuf adalah pecinta kebijaksanaan. Dalam arti ini, Zen
adalah filsafat. Ciri khas filsafat adalah penggunaan akal budi untuk sampai
pada pemahaman dan kebijaksanaan. Zen menggunakan akal budi untuk melampaui
akal budi tersebut, karena kebijaksanaan dalam diperoleh, jika orang melepaskan
semuanya, termasuk akal budinya. Akal budi hanya alat, dan bukan tujuan dari
hidup manusia itu sendiri. Pemutlakkan atas akal budi membawa orang pada
penderitaan dan konflik satu sama lain, juga konflik dengan alam, seperti yang
terjadi saat ini. Disini letak perbedaan fundamental antara Zen dan filsafat.
Bisakah dijelaskan lebih jauh?
Mungkinkah orang hidup tanpa akal budi?
Akal budi digunakan sejauh ia
dibutuhkan. Inti dari diri manusia bukanlah akal budi. Alam semesta adalah
ruang kosong yang besar yang menjadi dasar dan unsur pembentuk dari segala
sesuatu. Akal budi manusia tidak mampu menggapainya. Iman juga tidak mampu
menggapainya, karena iman masih terjebak pada konsep dan bahasa yang dilihat
sebagai kebenaran mutlak. Zen mengajak orang untuk pergi ke tempat sebelum
konsep, sebelum bahasa, dan sebelum akal budi itu sendiri. Di tempat ini, orang
menemukan kejernihan dan kedamaian. Di tempat ini, segala hal adalah satu dan
sama. Aku adalah alam semesta, dan alam semesta adalah aku. Di tempat ini,
tidak ada penderitaan. Orang pun lalu bisa berkarya untuk kepentingan semua
mahluk, tanpa kecuali. Inilah cinta yang sejati, yakni cinta yang berpijak pada
alam semesta, dan bukan pada kepentingan ego manusia.
Bisakah anda tunjukkan lebih jauh
dimensi filosofis dari Zen?
Sama seperti filsafat, Zen mencoba
memahami segalanya dengan akal budi. Tema-tema penting, seperti apa itu alam
semesta, apa itu bahasa, batas-batas pengetahuan manusia, bagaimana kita harus
hidup, pikiran, juga adalah tema di dalam Zen. Bedanya dengan filsafat, Zen
tidak terjebak pada konsep dan bahasa untuk memahami semua itu. Zen hanya
menggunakan bahasa dan konsep, guna melampaui bahasa dan konsep itu sendiri.
Zen sadar, bahwa kebenaran yang sejati tidak terjebak pada konsep dan bahasa.
Ia lebih atau bahkan berada “sebelum” bahasa dan konsep. Metode Zen sangat
radikal, karena ingin memahami kenyataan apa adanya, dan bukan kenyataan yang
telah ditutupi oleh bahasa dan konsep yang selalu memuat konteks sosial,
sejarah dan budaya tertentu. Kenyataan sebelum bahasa dan konsep itu tidak
memiliki nama. Ketika orang bisa menyadarinya, dan hidup dengan itu, maka
seluruh hidupnya akan berubah. Ia akan menemukan kedamaian dan kejernihan.
Dengan dua hal itu, ia lalu bisa melakukan apapun untuk menolong segala mahluk,
tanpa kecuali.
Apakah Zen mengakui adanya Tuhan?
Zen bukan agama. Ia tidak memahami
Tuhan dalam artian agama. Zen juga bukan filsafat dalam artian tradisional.
Bagi Zen, segalanya adalah satu. Segala hal yang ada di alam semesta, termasuk
manusia dan semua mahluk di luar bumi (jika ada), memiliki substansi yang sama.
Bisa dibilang, Zen melihat segalanya sebagai “tuhan”. Maka, kita tidak boleh
menyakiti diri sendiri, ataupun mahluk lain, karena kita semua adalah satu,
yakni “tuhan” semesta itu sendiri. Namun, “tuhan” juga sebenarnya hanyalah kata
dan konsep. Sejatinya, “tuhan” tidak memiliki nama. Ia adalah segalanya,
sekaligus bukan apa-apa, karena ia berada di luar sekaligus “sebelum” bahasa
dan konsep yang kita punya. Zen ingin menyadari sesuatu yang sejatinya tanpa nama
ini. Kesadaran ini bisa mengubah seluruh hidup seseorang.
Jalan Hidup Zen
Jalan hidup Zen adalah jalan hidup
untuk sungguh menyadari, siapa diri kita sebenarnya. Nama kita bisa diubah.
Semua identitas sosial kita juga bisa berubah. Tubuh akan hancur. Jika semua
itu dilepas, lalu apa yang tersisa? Itulah jati diri alamiah kita sebagai
mahluk semesta.
Jati diri alamiah kita hanya bisa
disadari, jika kita hidup disini dan saat ini. Kita menjalani hidup kita saat
demi saat dengan kesadaran penuh. Tidak ada kecemasan akan masa lalu ataupun
masa depan. Tidak ada multitasking. Yang ada hanyalah, apa yang sedang kita
lakukan saat ini? Lakukan sepenuh hati!
Hidup dari saat ke saat dengan
kesadaran penuh adalah meditasi. Zen sendiri artinya adalah meditasi. Meditasi
bukan hanya duduk, tetapi juga dalam menjalani hidup sehari-hari dari saat ke
saat secara penuh. Ia membuahkan kejernihan serta ketenangan di dalam diri
kita. Kita lalu bisa menjalankan tugas serta kewajiban kita kepada orang lain
setiap saatnya.
Hakekat Pikiran
Titik awal Zen adalah kesadaran penuh,
bahwa segala hal yang ada di alam semesta ini adalah ciptaan pikiran kita.
Materi menjadi terlihat konkret, karena kita memiliki panca indera yang
terhubung dengan pikiran kita. Jika panca indera kita berbeda, maka materi pun
akan terlihat berbeda. Semua benda, kata, konsep dan penilaian adalah ciptaan
pikiran kita. Mereka tidak berada secara mandiri, lepas dari pikiran kita.
Pikiran kita menciptakan itu semua.
Kita lalu melekat pada hasil ciptaan pikiran kita, dan lalu menderita. Kita
kecanduan untuk memperoleh kenikmatan. Namun, nikmat dan derita adalah dua sisi
dari koin yang sama. Kita tidak bisa mendapatkan yang satu, tanpa yang lainnya.
Ketika kita memperoleh kenikmatan, maka bersiaplah untuk menderita.
Pikiran manusia juga ambigu. Ia kerap
jatuh pada analisis berlebihan. Ini akhirnya menciptakan kecemasan dan
ketakutan yang tidak perlu. Pikiran manusia itu seperti monyet. Ia suka
melompat-lompat, tanpa bisa diatur. Pada titik terparah, pikiran manusia yang
tak teratur mendorong orang pada sakit fisik, seperti kanker dan jantung, atau
justru bunuh diri.
Sebelum Pikiran
Zen hendak mengajak orang untuk
menjaga jarak dari pikirannya sendiri. Ia mengajak orang untuk bergerak ke
titik sebelum pikiran, yakni ke jati diri sejatinya sebagai manusia. Apa yang
ada sebelum pikiran? Yang jelas, tidak ada konsep. Tidak ada ketakutan. Yang
ada hanya satu: ruang besar yang penuh kedamaian.
Ketika orang bisa menjaga jarak dari
pikirannya, dan memasuki ranah sebelum pikiran, maka ia memasuki ruang besar
yang penuh kedamaian tersebut. Zen lalu melatih orang untuk bisa hidup dari
titik kedamaian tersebut. Orang jadi sepenuhnya terbuka pada kehidupan, dan
menjalani terus dengan keyakinan diri, apapun yang terjadi pada dirinya. Go
straight, don’t know!
Ketika makan, ya kita sepenuhnya
makan. Ketika tidur, ya kita sepenuhnya tidur. Ketika melihat, ya kita
sepenuhnya hanya melihat. Ketika mendengar, ya kita sepenuhnya hanya mendengar.
Ketika berjalan, ya kita sepenuhnya hanya berjalan. Inilah jalan hidup Zen.
Konflik dan Penderitaan
Ketika menghadapi konflik, kita juga
sadar, bahwa yang marah dan benci adalah pikiran kita. Pikiran kita bukanlah kita.
Pikiran adalah hasil dari bentukan masa lalu kita. Ia penuh dengan beban
ingatan, penyesalan dan kecemasan. Ketika mendalami Zen, kita belajar untuk
menjaga jarak dari pikiran kita. Kita tidak lagi larut dalam pikiran yang
datang dan pergi setiap saatnya.
Jika ini bisa dilakukan, semua masalah
bisa diselesaikan dengan kepala dingin. Negosiasi dan diskusi adalah jalan yang
ditempuh di dalam semua masalah. Tidak ada kemarahan. Tidak ada kebencian.
Tidak ada emosi. Semua itu hanya ilusi yang diciptakan oleh pikiran yang tak
terlatih.
Ketika menderita, kita juga lalu
sadar, bahwa yang menderita bukanlah kita, melainkan pikiran kita. Pikiran kita
menderita, karena ia tidak mendapatkan yang ia inginkan. Jika kita bertekun di
jalan Zen, kita tidak lagi larut dalam pikiran kita. Kita pun juga tidak lagi
larut di dalam penderitaan yang kita alami. Pendek kata, kita bisa tetap damai,
walaupun menderita.
Cinta dan Kejernihan
Buah utama dari Zen adalah kejernihan
pikiran dari saat ke saat di dalam hidup. Dengan kejernihan, orang lalu bisa
mencintai semua hal, tanpa kecuali. Mencintai dan mengasihi adalah hukum utama
semua agama dan aliran kepercayaan di muka bumi ini. Maka, ketika orang
menekuni jalan Zen, ia justru semakin dalam memahami agama yang telah ia peluk.
Zen tidak membuat orang berpindah agama, tetapi justru membuat orang semakin
dalam menghayati agamanya.
Cinta, yang berpijak pada jalan Zen,
adalah cinta yang secara alami yang muncul dari hati. Ia bukanlah perintah
moral dari tradisi ataupun orang suci. Di dalam Zen, cinta lahir dari kesadaran
mendalam, bahwa segala hal yang ada di alam semesta ini adalah satu kesatuan
yang tak terpisahkan, bahkan dengan mahluk planet lain yang kita belum kenal.
Perbedaan adalah ilusi ciptaan pikiran.
Kesadaran semacam ini hanya dapat
diperoleh, jika orang paham, siapa dia sebenarnya, sebelum segala pikiran
muncul. Sebenarnya, kita adalah alam semesta. Kita adalah bintang di langit dan
galaksi di ujung alam semesta nun jauh disana. Kesadaran ini menjauhkan kita dari
penderitaan yang tak perlu, dan mengajarkan kita untuk mengasihi segala hal,
tanpa kecuali.
Kesehatan dan Terapi
Dengan menekuni jalan hidup Zen, orang
akan mendapatkan ketenangan batin. Ketenangan batin amatlah penting untuk
kesehatan mental seseorang. Zen, dalam arti ini, juga bisa menjadi terapi bagi
segala bentuk penyakit kejiwaan. Zen juga dapat dilihat sebagai langkah
pencegahan, supaya orang tidak terjatuh ke dalam beragam penyakit kejiwaan.
Kesehatan mental juga terkait erat
dengan kesehatan fisik seseorang. Begitu banyak penyakit fisik yang lahir dari
kecemasan dan ketakutan yang berlebihan. Stress dan depresi membunuh sel otak
dan menciptakan ketidakseimbangan hormon. Ini semua bisa menciptakan penyakit
hormonal, dan beragam jenis kanker.
Untuk orang-orang yang sudah mengalami
sakit parah, jalan hidup Zen juga menyediakan ketenangan batin. Orang bisa
merasa sakit, namun tak menderita. Dengan jalan hidup Zen, orang bisa menemukan
kedamaian di tengah rasa sakit dan masalah yang ia hadapi. Ini hanya mungkin,
jika orang tidak menyamakan diri dengan masalah ataupun rasa sakit yang ia
alami. Pendek kata, ia berjarak dari apa yang ia alami. Kematian pun tidak lagi
menjadi sumber ketakutan.
Melampaui Ilmu Pengetahuan Modern
Pendekatan Zen juga melampaui ilmu
pengetahuan modern. Filsafat dan ilmu pengetahuan modern masih melulu berpijak
pada pikiran. Padahal, kerap kali, sumber masalahnya adalah pikiran itu
sendiri. Ini seperti mencuci darah dengan darah. Ini adalah upaya yang sia-sia.
Ilmu pengetahuan modern juga kerap
kali membuat pemisahan. Mereka lupa, bahwa pemisahan hanya di tataran teori. Di
dalam kenyataan, semua hal terhubung secara harmonis, tanpa terpisahkan. Dengan
cara berpikirnya yang sekarang, ilmu pengetahuan menciptakan ilusi
keterpisahan. Buah dari ilusi keterpisahan ini adalah pengrusakan alam semata
untuk memuaskan kerakusan manusia.
Titik tolak Zen adalah kesadaran akan
kesatuan segala sesuatu. Ini membuat kita terbuka pada alam. Alam tidak lagi
dilihat sebagai sesuatu yang berbeda dari kita. Kita melihat alam sebagai
bagian dari diri kita sendiri. Dengan kesadaran semacam ini, kita tidak akan
merusak alam, hanya demi memuaskan kerakusan kita.
Untuk Kehidupan Modern
Kehidupan modern dipenuhi dengan
kesibukan dan tuntutan yang besar. Banyak orang tak tahan dengan tekanan
tersebut. Mereka lalu lari ke alkohol, seks, belanja atau narkoba. Semua itu
bukanlah jalan keluar, karena justru akan menciptakan masalah lainnya yang
lebih besar.
Zen amat cocok untuk menjadi jalan
keluar dari masalah ini. Zen mengajak orang untuk kembali ke sebelum pikiran.
Ia mengajarkan orang untuk berjarak dari semua pikiran yang menghasilkan
stress, depresi dan beragam tekanan hidup lainnya. Zen tidak menciptakan
ketergantungan apapun. Ia juga tidak mempunyai efek samping apapun, selain
kejernihan dan kedamaian.
Ketika para profesional menekuni jalan
Zen, mereka akan menemukan kejernihan dan kedamaian. Pekerjaan mereka juga akan
semakin baik. Kinerja mereka meningkat. Tingkat stress juga menurun. Mereka
bisa menemukan kebahagiaan dan kedamaian di tengah tantangan hidup yang tak
kunjung berakhir.
Jalan hidup Zen juga mendorong
perubahan sosial mendasar. Orang tidak lagi terjebak pada kerakusan pikirannya.
Jika banyak orang mengalami perubahan batin, maka perubahan tata sosial pun tak
bisa dihindarkan. Keadilan dan kemakmuran untuk semua perlahan akan tercipta,
dan semua ini dilakukan tanpa menggunakan kekerasan dalam bentuk apapun.
Kebahagiaan di Dalam
Zen mengajarkan orang untuk melihat ke
dalam dirinya. Kebahagiaan dan kebenaran tidak bisa ditemukan di luar diri
manusia. Semua itu ada di dalam dirinya. Agama juga mengajarkan, bahwa Tuhan
ada di dalam hati manusia.
Ketika melihat ke dalam secara
konsisten, orang secara perlahan akan menemukan kedamaian yang ia cari. Ia juga
akan menemukan kejernihan. Ia tidak lagi tergantung secara emosional pada
benda-benda di luar dirinya, guna mendapatkan kebahagiaan. Ia menyadari, siapa
dia sebenarnya, dan itu menjadi sumber kekuatan sejati bagi hidupnya.
Jalan hidup Zen adalah sebuah laku
hidup yang perlu dilatih. Orang kerap kali gagal, dan kembali masuk ke dalam
penderitaan. Jangan khawatir. Kita hanya perlu kembali ke saat ini sepenuhnya.
Jika dilakukan secara konsisten, jalan hidup Zen akan mengubah hidup kita
secara mendasar. Kejernihan serta kebahagiaan akan mengisi sebagian besar hidup
kita.
Jadi, tunggu apa lagi?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar