Sabtu, 03 Desember 2016

KENAPA HARUS BELAJAR FILSAFAT

KENAPA HARUS BELAJAR FILSAFAT

Sebelumnya kita sudah membicarakan tentang pengertian filsafat, macam-macam filsafat, pengertian dari aliran – aliran nya dan contoh-contohnya. Tapi sebenernya untuk apa sih kita belajar filsafat?
Haruskah kita belajar filsafat???
Karena berfilsafat itu sama dengan berpikir secara kritis , tentunya dalam kehidupan ini kita sebagai manusia harus menggunakan akal pikiran kita untuk menyelesaikan suatu masalah, melakukan suatu hal.


ada yang memandang filsafat sebagai sumber segala kebenaran yang mengharapkan dari filsafat kebahagiaan yang tulen dan jawaban atas segala pertanyaan-pertanyaan hidup.

melalui pemikiran filsafat, manusia dimungkinkan dapat melihat kebenaran tentang sesuatu diantara kebenaran  - kebenaran yang lain. hal  ini memungkinkan ia mencoba mengambil segala kemungkinan informasi(alternatif) diantara alternatif yang ada ketika itu. 
Dalam hal  ini manusia yang mampu mengadakan pilihan-pilihan yang tepat terhadap masalah-maslaah yang dihadapi, maka ia belajar mendekati "kebijaksanaan".

disamping itu filsafat memberikan petunjuk dengan metode pemikiran reflektif dan penelitian penalaran supaya kita dapat menyerasikan antara logika, rasa, rasio dan pengalaman dan agama di dalam usaha manusia  mencapai pemenuhan kebutuhannya dalam usaha yang lebih lanjt yaitu "Mencapai Hidup Sejahtera" 

1 komentar: